Tugas Softskill 86: Opini pada Blog dengan Ketentuan Prinsip Graphic Design

Opini pada Blog dengan Ketentuan Prinsip Graphic Design

Prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah web adalah :

Metaphor (Metafora)
Clarity (Kejelasan)
Consistency (Ketetapan)
Alignment (Perataan)
Proximity
Contrast (Keserasian Tampilan)


Saya akan membahas blog saya dari prinsip-prinsip diatas :

 1. Metaphor (Metafora)


Metaphor atau metafora merupakan sebuah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. aplikasi ini menghubungkan antara presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Contoh dari Metaphor adalah website toko online yang dimana pengunjung dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.

Blog kami :


Untuk prinsip Metaphor didalam blog kami tidak tersedia dikarenakan blog kami adalah blog yang dipenuhi kumpulan artikel, karena seperti yang di jelaskan di atas metaphor itu lebih banyak di gunakan di toko online seperti worldwideshop.com


2. Clarity (Kejelasan)


Setiap membuat desain kita harus ada alasan yang kuat atau masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat, contoh peletakan suatu button, pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik. Penggunaan background berwarna putih dianjurkan untuk memimpin mata dan membuat mata tidak lelah dengan aktifitas elemen yang ada pada suatu website.


Blog kami :

Untuk prinsip Clarity didalam blog kami telah disediakan, seperti contohnya kami membuat blog kami dengan menomor satu kan large view, agar orang dapat dengan mudah mencari dan mengklik artikel yang ada di blog kami.
Consistency (Ketetapan)


3. Consistency (ketetapan)

Dalam membuat desain haruslah memliki konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan pada suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.


Blog kami :


4. Alignment (pertaan)

Untuk prinsip Consistency osistensi dalam tampilan mungkin sudah terpenuhi, hanya tinggal penampilan gambar di outline dari artikel agar dapat terlihat lebih menarik lagi.
Alignment (Perataan)


Untuk perataan desain dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan perataannya.

Blog kami :

Untuk prinsip Alignment mungkin sudah memenuhi criteria keempat dari sebuah blog. desain yang digunakan dah menggunakan rata kanan, untuk artikel terbaru.
Proximity


5. Proximity

Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.

Didalam artikel jika ada artikel penting namun terusan artikel ini berbeda halaman tentu membuat pembaca jengkel dibuatnya, hal ini yang menjadi landasan


Blog kami :


Untuk prinspi proximity mungkin menurut kami sudah terpenuhi seperi di bagian pembagian bidang yang berada di setiap tugas blog kami.
Contrast (Keserasian Tampilan)


6. Contrast (keserasian tampilan)

Keserasian tampilan akan membuat pengunjung blog tertarik pada blog tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming secara cepat. Walaupun background dari website ini tidak memenuhi criteria suatu web,


Blog kami :


tetapi tampilan dari blog tsoftskill.wordpress.com ini mungkin membuat pengunjung atau pembaca menjadi mudah menavigasikannya, dikarenakan kami menggunakan template yang sangat friendly


sumber : http://afinaa.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas Softskill 86 Urang-kurai