Tugas Softskill 86: Bagaimana Mengukur Kualitas Website

Bagaimana Mengukur Kualitas Website


Tentu setiap sesuatu ada bagian-bagian yang dapat dinilai melalui berbagai sisi untuk melihat sejauh manakah kualitasnya, Tujuannya adalah sebagai formalitas setiap user dalam memiliki website baik itu untuk perusahaan ataupun untuk independent.



Kualitas sebuah website dapat dinilai berdasarkan faktor-faktor berikut :

1. Kualitas Desain Tampilan Grafis

Desain tampilan website atau biasa disebut template adalah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung ketika membuka sebuah halaman website. Tampilan grafis dan layout yang menarik serta sesuai dengan jenis bisnis atau konten website anda akan memancing rasa ingin tahu pengunjung untuk menggali lebih dalam mengenai apa yang ditawarkan website anda. Harus kita sadari bahwa seseorang yang mencari informasi ataupun produk melalui search engine akan membuka beberapa halaman website sekaligus dan biasanya ketika menemukan halaman website dengan desain yang kurang menarik dan berantakan, maka pengunjung akan segera menutup halaman website tersebut dan segera beralih ke halaman website dengan tampilan yang lebih profesional. Selain itu, tampilan grafis sangat menentukan kredibiltas sebuah website, apalagi ketika kita menawarkan barang atau jasa untuk dibeli orang.

2. Optimasi Tampilan Website

Seni Graphic Design dan Web Design adalah 2 hal yang sama namun juga sangat berbeda. Keahlian Graphic Design hanya terfokus dalam menghasilkan desain yang profesional dan enak dipandang mata, namun ketika hasil dari Graphic Design akan diimplementasikan menjadi tampilan website (Web Design), dibutuhkan keahlian dan ketekunan Web Designer untuk mengelola tampilan yang berisi gambar dan teks agar menjadi ringan ketika dibuka melalui browser. Sangat disayangkang ketika sebuah website sudah di desain semenarik mungkin namun membutuhkan waktu yang lama untuk loading ketika dibuka melalui browser.

3. Informatif dan user-Friendly

Sebuah website yang berkualitas mampu memberikan informasi yang lengkap kepada pengunjungnya. Selain itu struktur navigasi website harus dibuat semudah mungkin sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengerti link mana yang harus diklik untuk mendapatkan informasi spesifik yang ia butuhkan sehubungan dengan apa yang ditawarkan oleh website tersebut.

4. Search Engine Friendly

Website yang secara kualitas telah memenuhi point 1 -3 diatas, akan menjadi tidak efektif ketika tidak ada pengunjungnya. Inilah yang sering dikeluhkan oleh beberapa klien yang datang kepada kami sebelum mereka menggunakan Jasa pembuatan Website Dunia Online, khususnya mereka yang memiliki Toko Online. Cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung adalah dengan memanfaatkan Search Engine khususnya Google, dimana website kita harus muncul di halaman pencarian ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan dengan website kita. Untuk itu, struktur website yang dibangun haruslah memenuhi standar-standar yang ditetaplan oleh Google agar halaman-halaman website tersebut terindeks dengan baik di halaman pencarian Search Engine tersebut.

5. User-Friendly CMS

CMS atau Content Management System adalah sistem yang disediakan untuk mengupdate konten dan konfigurasi website. Area CMS ini hanya diperuntukkan bagi pemilik website, tidak untuk pengunjung website. CMS website yang user-friendly atau mudah dioperasikan akan sangat membantu pemilik website untuk mengupdate konten websitenya juga secara mudah, dan ini hanya bisa disediakan oleh Jasa Pembuatan Website yang menguasai penuh keahlian Web Programming. Kebanyakan pemilik website yang menggunakan jasa pembuatan website murah baru menyadari belakangan kalau CMS yang digunakan adalah CMS opensource yang sangat kompleks dan sulit dikelola. Tidak jarang akhirnya konten website tidak terupdate dengan baik karena kesulitan ini dan biasanya CMS opensource harus diupdte secara rutin source-nya, jika tidak maka akan timbul banyak error dalam sistem website itu sendiri.


Bagi Dunia Online, kualitas-kualitas tersebut diatas adalah patokan utama dalam mengerjakan website klien karena kami percaya bahwa website yang dibangun dengan baik dan mudah dikelola akan menjadi investasi yang berguna bagi klien. Target yang ditetapkan klien akan tercapai sehingga biaya yang dikeluarkan tidak menjadi sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas Softskill 86 Urang-kurai