Tugas Softskill 86: ISO STANDART INTERFACE

ISO STANDART INTERFACE

                Disini saya akan menjelaskan tentang ISO Standart Interface, pertama apa itu ISO? Organisasi Internasional untuk Standardisasi (bahasa InggrisInternational Organization for Standardization disingkat ISO atauIso) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tetapi sekarang lebih sering memakai singkatan ISO, karena dalam bahasa Yunani isos berarti sama (equal). Penggunaan ini dapat dilihat pada kata isometrik atau isonomi.
                Didirikan pada 23 Februari 1947, ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. ISO, yang merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah kita kenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya. Dalam menetapkan suatu standar tersebut mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk duduk dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG).
                 Meski ISO adalah organisasi nonpemerintah, kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadi hukum melalui persetujuan atau standar nasional membuatnya lebih berpengaruh daripada kebanyakan organisasi non-pemerintah lainnya, dan dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak-pihak pemerintah. Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar.
                 ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.
Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:
  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  • Mengurangi risiko usaha
  • Meningkatkan daya saing
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal (wikipedia)



                   Dalam telekomunikasi , sebuah antarmuka standar adalah standar yang menggambarkan satu atau karakteristik yang lebih fungsional (seperti konversi kode , garis tugas, atauprotokol kepatuhan) atau karakteristik fisik (seperti listrik, mekanik, atau karakteristik optik) yang diperlukan untuk memungkinkan pertukaran informasi antara dua atau lebih sistem (biasanya berbeda) atau potongan peralatan. protokol komunikasi adalah sebuah contohnya.
Sebuah antarmuka standar mungkin termasuk karakteristik operasional dan tingkat yang dapat diterima kinerja.
Dalam komunitas militer, standar antarmuka memungkinkan komando dan kontrol fungsi yang harus dilakukan dengan menggunakan komunikasi dan komputer sistem.

Jadi kesimpulannya ISO STANDART INTERFACE adalah sebuah tampilan standart yang telah di uji, dan disepakati secara menyuluruh di dunia melalu badan organisasi ISO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas Softskill 86 Urang-kurai